DAFTAR DI WEB HOSTING GRATIS

Rabu, 10 Februari 2010 Diposting oleh Fuad Badia Ramelan
Web hosting adalah istilah dalam dunia internet yang berarti penyewaan ruang harddisk pada server perusahaan portal dengan nama situs web sendiri sesuai keinginan (selama nama tersebut belum digunakan oleh orang lain) tanpa perlu repot mendaftarkan ke Indosat atau perusahaan jasa penyelenggara internet lainnya, karena akan didaftarkan oleh pemilik web utama.
Beberapa hosting gratisan dan quota yang di berikan:

http://www.geocities.com 15 Mb
http://www.tripod.com 50 Mb
http://angelfire.com 50 Mb
http://www.freeservers.com 20 Mb
http://free.prohosting.com 50 Mb
http://nbci.msnbc.com
http://fortunecity.com 100 Mb
http://www.hypermart.net
http:// www.easyspace.com 25 Mb
http://www.brinkster.com
http://www.dreamwater.com/ 50 Mb


Pada dasar nya semua Web Hosting di atas adalah sama, tapi kita harus jeli dalam memilih hosting yang gratisan, karena kita harus memikirkan juga feature apa saja yang di berikan oleh website tersebut. Dan juga seberapa besar "banner" (info ilkan) yang di berikan di homepage kita nanti.
Kalau masalah banner ini tidak kita tanggapi dengan benar, maka akan menjadi masalah di homepage kita nanti. Akan kelihatan homepage kita jelek akibat banner tersebut.
Sebagai contoh portal http://www.fortunecity.com memberikan quota gratis sebesar 100 Mb kepada setiap orang yang mendaftar , cukup lumayan juga. Tapi..setelah kita create sebuah account di portal fortunecity.com itu dan kita upload data html dan htm kita ke hosting tersebut. Tapi mungkin kita akan terkejut setelah kita buka homepage kita itu dengan URL http://www.fortunecity.com/nama_anda.htm, karena di atas darimenu homepage kita itu ada sebuah Frame yang agak besar sekitar 2,5 Cm dan itu adalah link asing bagi home nya kita. Karena mungkin sewaktu kita create homepage link tersebut tidak ada.
Coba kita perhatikan lagi Portal http://www.geocities.com. Quota yang di berikan untuk user sebesar 15 Mb, namun setelah kita create account dan kita upload file kita ke dalam, dan kita lihat di internet dengan mengetikkan : http://www.geocities.com/nama_anda maka akan kelihatan link kecil sebelah atas paling kanan dari homepage kita tersebut. Link asing yang terdapat pada homepage kita tersebut yang di nama kan "BANNER" (link iklan). Di bandingkan dengan Fortunecity.com banner kecil ini tidak terlalu menggangu sekali. Tapi goecities.com hanay memberikan quota ke pada user sebanyak 15 Mb free. Dan itu mungkin salah satu dari kelemahan dari Geocities ini. Dan mungkin anda bisa membandingkan dengan Hosting-hosting gratisan yang lain. Feature yang di berikan dan kelemahan dari hosting tersebut.
^ WWW: Singkatan dari World Wide Web atau biasa disebut Web saja atau situs dalam bahasa indonesia. Bisa diibaratkan sebagai kumpulan "halaman" informasi yang saling berhubungan dengan jaringan komputer.
^ Browser : Software yang "menterjemahkan" halaman web sehingga dapat muncul menarik di layar komputer.
^ Surfing : "Jalan-jalan" di dunia maya, keluar masuk web site, mencari hal yang menarik hati kita.
^ Home page : Halaman pertama dari sebuah web site. Home page biasanya berisi links ke halaman web yang lain.
^ Portal : Situs di internet yang menyediakan berbagai sumber informasi dan layanan e-mail, forum, search engine, sampai online shopping. Contoh portal misalnya www.altavista.com
^ URL : Singkatan dari Uniform Recourse Locator alias alamat internet. Setiap informasi yang ada di web apakah itu text, gambar atau lagu memiliki URL yang unik. URL diterjemahkan dan diolah oleh browser sehingga bisa tampil menarik.
^ Search Engine : Biasanya merupakan bagian dari portal. Disebut juga sebagai mesin pencari. Sebuah program yang dapat mencarikan kita URL atau informasi tertentu dengan bantuan
Label: ,

Posting Komentar